Tips Memilih Genset Sebelum Membeli

Sebelum kita melakukan pembelian Genset perlu dipertimbangkan beberapa hal berikut ini :

  1. Menghitung daya yang terpakai dalam suatu rangkaian kelistikan yang akan disupply dayanya oleh Genset.
  2. Dari daya yang terpakai dalam suatu rangkaian listrik / gedung / pabrik / kantor maka akan tercatat berapa Kva genset yang kita butuhkan.
  3. Contoh jika kapasitas terpasang 30.000 watt dan pemakaian listrik di gedung tersebut 25.000 watt maka genset yang harus dipasang adalah : 25.000/0.8 = 31.250 watt atau setara 32Kwh 0,8 adalah koefisien pemakaian power genset sebesar 80% dari kemampuan maksimal genset tersebut. 32 KW = 37 kva. Jadi yang harus kita pasang pada suatu gedung dengan kapasitas listrik PLN 30Kw minimal setara 37Kva
  4. Menentukan tujuan pemakaian Genset apakah untuk Standby ketika listrik utama dari PLN mati atau Genset tersebut digunakan secara kontinu
  5. Tujuan pemakaian Genset ini menyangkut pemilihan merek Engine Genset, jika pemakaian Genset hanya untuk stanby saja maka engine yang diplih bisa kelas bawah sampai menengah, sebaliknya jika pemakaian Genset secara kontinu (diatas 10jam/hari) maka perlu memilih engine genset kelas atas yang terbukti bandel dan tidak mudah rusak jika dipakai terus menerus.
  6. Menentukan pilihan genset type Open atau Type Silent.
    1. Genset Silent cocok dipergunakan untuk Gedung Perkantoran, Rumah sakit, Restoran, Sekolah dan sebagainya dimana suara genset tersebut seminimal mungkin tidak menimbulkan kebisingan yang menggganggu aktifitas di tempat tersebut.
    2. Genset Open cocok dipergunakan di wilayah Pabrik, jauh dari pemukiman dimana suara genset tersebut tidak menjadikan masalah utuk wilayah tersebut.
  7. Menentukan pilihan genset Baru / Brand New, atau Bekas atau Rekondisi
    1. Jika kita memiliki teknisi yang handal dalam bidang otomotif dan kelistrikan maka kita bisa mempertimbangkan untuk membeli genset Bekas atau Rekondisi
    2. Jika kita tidak memiliki teknisi untuk menangani genset sebaiknya kita membeli genset dalam kondisi baru / brand new.
  8. Menghitung budget dana untuk pembelian genset :
    1. Jika dana terbatas bisa mempertimbangkan pembelian genset Rekondisi seperti Mitsubishi.
    2. Jika dana mencukupi bisa mempertimbangkan genset kelas menengah : Lovol – Cummins – Foton
    3. Jika memiliki dana lebih bisa mempertimbangkan pembelian Genset merek kelas atas ; PERKINS – MAN – MTU – MITSUBISHI new – YANMAR.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to Tips Memilih Genset Sebelum Membeli

  1. Hanis says:

    Dengan hormat,

    Bersama ini kami mohon informasi dan penawaran genset yg cocok utk kebutuhan kami. Kami bergerak di bidang rental alat2 pesta, termasuk show dengan kebutuhan daya antara 10 sampai 25 kva. Saat penggunaan, genset menyala s.d 10-12 jam non stop.

    Masalahnya budget kami hanya 30 – 60 jutaan.
    Demikian atas saran dan advisnya diucapkan terimakasih.

    Hanis

    • admin says:

      Genset yang cocok untuk budget tersebut adalah
      Mitsubishi rekondisi
      engine type 4D30 kopel Alternator DGK New 25Kva
      Harga Open Type : Rp.46.000.000,-
      Harga Silent Type : Rp.58.500.000,-
      Garansi 1 tahun.
      hub kami 031-77085707 / 0838-30472777

      Hormat kami
      Wahyu Nugro

  2. dewa oka says:

    hallo selamat siang,,,,
    mohon infonya genset rekondisi /seken untuk listrik 10,000waat-13,000watt, kavasitas genset brapa yg cocok digunakan, dan harganya kira2 brapa,,??( digunakan hanya sewaktu2 bila listrik mati)
    terimakasih atas informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>